• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

Desain Pemodelan Informasi Bangunan

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah salah satu program keahlian yang ada di bidang Teknologi Konstruksi dan Properti. Selain itu, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan merupakan program kehalian dan konsentrasi keahlian yang mempelajari tentang gambar struktur, gambar arsitektur, gambar interior dan eksterior gedung, gambar konstruksi jalan dan jembatan yang relevan dengan dunia kerja,  teknik konstruksi utilitas bangunan gedung dan sistem plumbing; estimasi biaya konstruksi bangunan hasil perhitungan rencana anggaran biaya (RAB), rencana kerja dan syarat (RKS)  pelaksanaan kerja, serta rencana jadwal pekerjaan dan simulasi  desain  model bangunan. Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan mempunyai peran dalam kontribusi pada penataan bangunan dan infrastruktur kota/kabupaten, karena informasi dari desain rencana bangunan/infrastruktur yang dihasilkan oleh sistem digital konstruksi tersebut mendukung efektivitas pekerjaan perubahan desain, analisa benturan/masalah objek konstruksi, dan memberikan simulasi proses pembangunan (metode kerja) yang menampilkan informasi kebutuhan sumber daya dan waktu suatu konstruksi sehingga dapat membantu koordinasi dan integrasi dengan desain tata kota/kabupaten yang sudah ada maupun yang akan dikembangkan.

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan merupakan mata pelajaran pendalaman dan perluasan dari dasar kejuruan yang meliputi menggambar 3D dan 2D struktur, arsitektur, interior dan eksterior dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak, menggambar 2D dan 3D konstruksi jalan dan jembatan, teknik konstruksi utilitas gedung dan sistem plumbing, perhitungan estimasi biaya konstruksi bangunan, serta rencana penjadwalan konstruksi dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak. Pendekatan pembelajaran desain pemodelan dan informasi bangunan disampaikan melalui berbagai model pembelajaran, antara lain: model pembelajaran Project-based Learning (PjBL), Problem-based Learning (PBL), dan model pembelajaran lain yang dipilih berdasarkan tujuan dan karakteristik materi pembelajaran, untuk memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kreatif (creative thinking),berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration). Mata pelajaran Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan berkontribusi dalam memampukan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki kemampuan sebagai juru gambar desain model dengan memegang teguh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar, kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan adaptif terhadap lingkungan hidup.

Mata pelajaran Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan bertujuan untuk membekali peserta didik dengan dasar-dasar soft skills dan hard skills sebagai berikut:

  1. Mampu menggambar 3D dan 2D struktur, arsitektur, interior dan eksterior gedung dengan teknologi perangkat lunak desain pemodelan dan informasi bangunan;
  2. Mampu menggambar 2D denah, potongan, detail konstruksi jalan dan jembatan, serta menggambar 3D model jalan dengan teknologi perangkat lunak desain pemodelan dan informasi bangunan;
  3. Mampu menggambar 2D dan 3D utilitas gedung dan sistem plumbing yang diintegrasikan dengan gambar struktur maupun arsitektur bangunan dengan teknologi perangkat lunak desain pemodelan dan informasi bangunan;
  4. Mampu menyusun rencana estimasi biaya konstruksi bangunan dari hasil perhitungan volume material dan menyusun jadwal pekerjaan konstruksi dengan perangkat lunak desain pemodelan informasi bangunan; dan
  5. Mampu membuat visualisasi desain konstruksi dalam bentuk video animasi yang informatif dengan perangkat lunak desain pemodelan informasi bangunan.

 

VISI

Menjadi Program Keahlian Yang Kreatif, Inovatif, Mandiri, Terampil dan Bertanggung Jawab yang Berlandaskan Iman dan Taqwa.

 

MISI

  1. Mewujudkan peserta didik yang mempunyai daya saing yang tinggi di bidang konstruksi, khususnya dibidang Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan
  2. Mewujudkan peserta didik yang mampu berkontribusi di dalam lingkungan internal dan eksternal sekolah
  3. Meningkatkan softskill dan hardskill peserta didik di bidang dibidang konstruksi, khususnya dibidang Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan
  4. Mewujudkan peserta didik yang kreatif dan inovatif melalui kerjasama dengan dunia usaha atau dunia industri (Du/Di)
  5. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik dibidang konstruksi, terutama dibidang Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

 

TUJUAN

  1. Mempersiapkan peserta didik yang produktif, mampu berkerja secara mandiri dan dapat di serap di dunia usaha dan dunia industri (DU/DI)
  2. Membekali peserta didik dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan berwawasan industri serta kewirausahaan agar mampu berkontribusi di dalam lingkungan internal maupun eksternal sekolah
  3. Membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang baik agar kompeten dibidang konstruksi, khususnya di bidang Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan
  4. Mencetak peserta didik yang mampu bersaing di dunia usaha atau dunia industri (Du/Di)

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
LINIERITAS

23/11/2023 09:51 - Oleh Administrator - Dilihat 836 kali
KETERSERAPAN

23/11/2023 09:47 - Oleh Administrator - Dilihat 723 kali
KEWIRAUSAHAAN

KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN  SMK NEGERI 1 TUBAN                  

23/11/2023 09:28 - Oleh Administrator - Dilihat 869 kali
PKL

KEGIATAN PKL            

23/11/2023 09:28 - Oleh Administrator - Dilihat 946 kali
BKK

BKK

23/11/2023 09:26 - Oleh Administrator - Dilihat 931 kali